Wednesday, June 24, 2009

Peduli Pada Sesama

Bapak ibu dan saudara Yth.

Dalam kita bergaul melalui millist, maka banyak hal yang kita rasakan - saya juga manusia dan tentu tidak sempurna, namun sebagai manusia kita diajarkan untuk peduli kepada sesama. Mari kita renungkan pelajaran yang mungkin berguna bagi kita:

Rosululloh SAW bersabda: "Sesungguhnya nanti pada hari kiamat Alloh 'Azza wa jalla berfirman:
-"Wahai anak Adam, Aku sakit kenapa kamu tidak mau menjenguk Aku? Manusia akan menjawab:"Wahai Tuhanku, bagaimana saya menjenguk sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam?" Alloh berfirman:"Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku si Fulan sakit, tetapi kamu tidak mau menjenguknya. Apakah kamu tidak tahu seandainya kamu menjenguknya niscaya kamu mendapatkan Aku di tempat si Fulan".
-"Wahai anak Adam, Aku minta makan kepadamu tetapi kamu tidak mau memberi makan kepada-Ku". Manusia akan menjawab:"Wahai Tuhanku, bagaimana saya memberi makan kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam? Alloh berfirman:"Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku si Fulan minta makan kepadamu, tetapi kamu tidak mau memberinya makan. Apakah kamu tidak tahu sendainya kamu memberinya makan niscaya kamu mendapatkan hal itu tertulis di sisi-Ku".
-"Wahai anak Adam, Aku minta minum kepada-Mu tetapi kamu tidak mau memberi minum kepada-Ku". Manusia akan menjawab:"Wahai Tuhanku, bagiaman saya memberi minum kepada-Mu, sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam? Alloh berfirman:"Hamba- Ku si Fulan minta minum kepadamu tetapi kamu tidak mau memberinya. Sungguh seandainya kamu memberinya minum niscaya kamu mendapatkan hal itu tertulis di sisi-Ku".
(Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairoh r.a.).
-----
Semoga bermanfaat dan dapat mempererat persahabatan kita yang senantiasa lapar dan haus ilmu pengetahuan dan pengalaman, karena ilmu Tuhan tak kan pernah habis ditulis walau manusia sedigdaya apapun. Sementara di belahan bumi yang lain banyak manusia yang menderita, sakit, lapar dan haus karena memang kekurangan sumberdaya. Insya Alloh.

Salam,
Soewarno Hasanbahri

No comments:

Post a Comment